Friday 10 May 2013

contoh rencana pelaksanaan pembelajaran, praktek micro teaching

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( R P P ) MTs : Nahdhotus Sibyan Wonoketingal Demak Mata Pelajaran : Bahasa Arab Kelas/Semester : IX/1 Alokasi Waktu : 1x15 Menit (1 Kali Pertemuan) A. STANDAR KOMPETENSI 3.MEMBACA/QIRA'AH Memahami wacana tertulis dalam bentuk paparan sederhana tentang دينية مناسبات / even-even keagamaan. B. KOMPETENSI DASAR 3.2 mengidentifikasi kata, frasa dan kalimat dari wacana tertulis sederhana tentang عيد الفطر" dengan menggunakan fiil madhi (فعل الماضى). C. INDIKATOR Membedakan Fiil madhi (فعل الماضى) berdasarkan dhomirnya. D. TUJUAN PEMBELAJARAN Siswa mampu membedakan Membedakan Fiil madhi (فعل الماضى) berdasarkan dhomirnya dalam wacana tertulis sederhana, setelah mengikuti kegiatan pembelajaran melalui metode SGD ( Small Group Discussion ) dengan baik dan benar Karakter siswa yang diharapkan : Religius. Jujur. Toleransi. Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Demokratif , Rasa Ingin tahu. Gemar membaca, Peduli lingkungan, Peduli sosial, Tanggung jawab E. MATERI PEMBELAJARAN Tema: ‘Idul Fitri Materi: Bacaan yang berkaitan dengan “ عيد الفطر”. F. METODE PEMBELAJARAN  Ceramah  SGD ( Small Group Discussion )  Tanya Jawab G. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN Kegiatan Waktu Aspek Life Skill Yang Dikembangkan  Kegiatan Pendahuluan :  Apersepsi dan Motivasi  Guru menyampaikan tema materi pembelajaran  Menjelaskan tujuan pembelajaran dan manfaatnya dalam kehidupan  Kegiatan inti  Guru menjelaskan konsep tentang fiil madhi (فعل الماضى) (Eksplorasi)  Guru membagi siswa ke dalam beberapa kelompok kecil (Elaborasi)  Guru membagikan soal yang berisi kalimat tidak sempurna kepada setiap kelompok (Elaborasi)  Guru memberi kesempatan siswa untuk membaca teks yang telah diberikan (Elaborasi)  Guru menyuruh siswa mengidentifikasi Fiil madhi (فعل الماضى) berdasarkan dhomirnya yang terdapat dalam bacaan. (Elaborasi)  Guru meminta hasil kerja siswa dan melakukan koreksi hasil kerja siswa (Konfirmasi)  Kegiatan penutup.  Guru dan siswa sama-sama melakukan refleksi  Memberikan tugas pengayaan berupa pekerjaan rumah 3’ 9’ 3’ Pemahaman konsep tentang materi yang telah diprogramkan H. SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN  Buku paket Bahasa Arab kelas IX  Buku paket Bahasa Arab yang relevan dengan pembelajaran  Kamus H. ASSESSMENT / PENILAIAN Prosedur : Tes awal : ada Tes proses : ada Tes akhir : ada Indikator Pencapaian Teknik Penilaian Bentuk Instrumen Instrumen Tes awal:  Membedakan Fiil madhi (فعل الماضى) berdasarkan dhomirnya. Tes lisan Tanya Jawab  Berikan contoh Fiil madhi (فعل الماضى) yang sesuai dengan dhomirnya! Tes proses:  Membedakan Fiil madhi (فعل الماضى) berdasarkan dhomirnya dalam wacana tertulis sederhana tentang teks wacana yang telah diprogramkan. Tes tertulis Menyempurnakan Kalimat rompang  Menyempurnakan kalimat rompang, dengan memakai Fiil madhi (فعل الماضى) yang sesuai dengan dhomirnya. dalam wacana tertulis sederhana tentang teks wacana yang telah diprogramkan. (contoh instrumen terlampir) Tes akhir:  Membedakan Fiil madhi (فعل الماضى) berdasarkan dhomirnya dalam wacana tertulis sederhana tentang teks wacana yang telah diprogramkan. Penugasan Individual Pekerjaan rumah  Sempurnakanlah kalimat yang memuat Fiil madhi (فعل الماضى) berdasarkan dhomirnya yang masih rumpang dibawah ini, dengan yang sesuai. (contoh instrumen terlampir) Mengetahui Kepala Madrasah Moh. Yusuf Azka Fahmi NIP. 085741442460 Demak , 7 April 2013 Guru Bidang Studi Bahasa Arab Nur Indah Wardani NIP. 103211039 MATERI PEMBELAJARAN URAIAN PERUBAHAN PELAKU ARTI فعل الماضى KATA KERJA DASAR PENAMBAHAN هو Dia Laki-laki (Satu) فعل فعل - هما Dia Laki-laki (Dua) فعلا فعل ا هم Dia Laki-laki (Banyak) فعلوا فعل وْا هي Dia Perempuan (Satu) فعل فعل تْ هما Dia Perempuan (Dua) فعلتا فعل ت ا = تاَ هنَّ Dia Perempuan (Banyak) فعلْنَ فعل ن أنتَ Kamu Laki-laki (Satu) فعلْتَ فعل تَ انتما Kamu Laki-laki (Dua) فعلتُما فعل ت م ا = تمُاَ أنتم Kamu Laki-laki (Banyak) فعلتم فعل ت م = تُمْ أنتِ Kamu Perempuan (Satu) فعلتِ فعل تِ أنتما Kamu Perempuan (Dua) فعلتُما فعل ت م ا = تُمَا أنتُن Kamu Perempuan (Banyak) فعلتُنَّ فعل ت ن = تُنَّ أنا Saya فعلتُ فعل تُ نحن Kita فعلْنا فعل ن ا = نَا INSTRUMENT TEST إختر الإجابة الصحيحة في قوسين 1) .... احمدُ الى المدرسةِ مشياً على الأقدامِ. (ذهبَ - ذهبتُ - ذهبُوا) 2) ... فاطمةُ الى السوقِ مع أمِّهاَ. (ذهبَا – ذهبْن - ذهبتْ) 3) المسلمونُ .... الى المدينةِ. (هاجَر – هاجَرُوا - هاجَرا) 4) الطلابُ .... الى الفصلِ (دخلَ – دخلتْ - دخلواُ) 5) اناَ .... المسجدَ (دخلتُ – دخلْناَ - دخلْنَ)

No comments:

Post a Comment