Friday 10 May 2013
contoh rencana pelaksanaan pembelajaran, praktek micro teaching
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
MTs : Nahdhotus Sibyan Wonoketingal Demak
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Kelas/Semester : IX/1
Alokasi Waktu : 1x15 Menit (1 Kali Pertemuan)
A. STANDAR KOMPETENSI
3.MEMBACA/QIRA'AH
Memahami wacana tertulis dalam bentuk paparan sederhana tentang دينية مناسبات / even-even keagamaan.
B. KOMPETENSI DASAR
3.2 mengidentifikasi kata, frasa dan kalimat dari wacana tertulis sederhana tentang عيد الفطر" dengan menggunakan fiil madhi (فعل الماضى).
C. INDIKATOR
Membedakan Fiil madhi (فعل الماضى) berdasarkan dhomirnya.
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa mampu membedakan Membedakan Fiil madhi (فعل الماضى) berdasarkan dhomirnya dalam wacana tertulis sederhana, setelah mengikuti kegiatan pembelajaran melalui metode SGD ( Small Group Discussion ) dengan baik dan benar
Karakter siswa yang diharapkan :
Religius. Jujur. Toleransi. Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Demokratif , Rasa Ingin tahu. Gemar membaca, Peduli lingkungan, Peduli sosial, Tanggung jawab
E. MATERI PEMBELAJARAN
Tema: ‘Idul Fitri
Materi: Bacaan yang berkaitan dengan “ عيد الفطر”.
F. METODE PEMBELAJARAN
Ceramah
SGD ( Small Group Discussion )
Tanya Jawab
G. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan Waktu Aspek Life Skill
Yang Dikembangkan
Kegiatan Pendahuluan :
Apersepsi dan Motivasi
Guru menyampaikan tema materi pembelajaran
Menjelaskan tujuan pembelajaran dan manfaatnya dalam kehidupan
Kegiatan inti
Guru menjelaskan konsep tentang fiil madhi (فعل الماضى) (Eksplorasi)
Guru membagi siswa ke dalam beberapa kelompok kecil (Elaborasi)
Guru membagikan soal yang berisi kalimat tidak sempurna kepada setiap kelompok (Elaborasi)
Guru memberi kesempatan siswa untuk membaca teks yang telah diberikan (Elaborasi)
Guru menyuruh siswa mengidentifikasi Fiil madhi (فعل الماضى) berdasarkan dhomirnya yang terdapat dalam bacaan. (Elaborasi)
Guru meminta hasil kerja siswa dan melakukan koreksi hasil kerja siswa (Konfirmasi)
Kegiatan penutup.
Guru dan siswa sama-sama melakukan refleksi
Memberikan tugas pengayaan berupa pekerjaan rumah 3’
9’
3’
Pemahaman konsep tentang materi yang telah diprogramkan
H. SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
Buku paket Bahasa Arab kelas IX
Buku paket Bahasa Arab yang relevan dengan pembelajaran
Kamus
H. ASSESSMENT / PENILAIAN
Prosedur :
Tes awal : ada
Tes proses : ada
Tes akhir : ada
Indikator Pencapaian Teknik Penilaian Bentuk Instrumen Instrumen
Tes awal:
Membedakan Fiil madhi (فعل الماضى) berdasarkan dhomirnya. Tes lisan
Tanya Jawab Berikan contoh Fiil madhi (فعل الماضى) yang sesuai dengan dhomirnya!
Tes proses:
Membedakan Fiil madhi (فعل الماضى) berdasarkan dhomirnya dalam wacana tertulis sederhana tentang teks wacana yang telah diprogramkan.
Tes tertulis
Menyempurnakan Kalimat rompang
Menyempurnakan kalimat rompang, dengan memakai Fiil madhi (فعل الماضى) yang sesuai dengan dhomirnya. dalam wacana tertulis sederhana tentang teks wacana yang telah diprogramkan.
(contoh instrumen terlampir)
Tes akhir:
Membedakan Fiil madhi (فعل الماضى) berdasarkan dhomirnya dalam wacana tertulis sederhana tentang teks wacana yang telah diprogramkan.
Penugasan Individual Pekerjaan rumah Sempurnakanlah kalimat yang memuat Fiil madhi (فعل الماضى) berdasarkan dhomirnya yang masih rumpang dibawah ini, dengan yang sesuai.
(contoh instrumen terlampir)
Mengetahui
Kepala Madrasah
Moh. Yusuf Azka Fahmi
NIP. 085741442460 Demak , 7 April 2013
Guru Bidang Studi Bahasa Arab
Nur Indah Wardani
NIP. 103211039
MATERI PEMBELAJARAN
URAIAN PERUBAHAN
PELAKU ARTI فعل الماضى KATA KERJA DASAR PENAMBAHAN
هو Dia Laki-laki (Satu) فعل فعل -
هما Dia Laki-laki (Dua) فعلا فعل ا
هم Dia Laki-laki (Banyak) فعلوا فعل وْا
هي Dia Perempuan (Satu) فعل فعل تْ
هما Dia Perempuan (Dua) فعلتا فعل ت ا = تاَ
هنَّ Dia Perempuan (Banyak) فعلْنَ فعل ن
أنتَ Kamu Laki-laki (Satu) فعلْتَ فعل تَ
انتما Kamu Laki-laki (Dua) فعلتُما فعل ت م ا = تمُاَ
أنتم Kamu Laki-laki (Banyak) فعلتم فعل ت م = تُمْ
أنتِ Kamu Perempuan (Satu) فعلتِ فعل تِ
أنتما Kamu Perempuan (Dua) فعلتُما فعل ت م ا = تُمَا
أنتُن Kamu Perempuan (Banyak) فعلتُنَّ فعل ت ن = تُنَّ
أنا Saya فعلتُ فعل تُ
نحن Kita فعلْنا فعل ن ا = نَا
INSTRUMENT TEST
إختر الإجابة الصحيحة في قوسين
1) .... احمدُ الى المدرسةِ مشياً على الأقدامِ. (ذهبَ - ذهبتُ - ذهبُوا)
2) ... فاطمةُ الى السوقِ مع أمِّهاَ. (ذهبَا – ذهبْن - ذهبتْ)
3) المسلمونُ .... الى المدينةِ. (هاجَر – هاجَرُوا - هاجَرا)
4) الطلابُ .... الى الفصلِ (دخلَ – دخلتْ - دخلواُ)
5) اناَ .... المسجدَ (دخلتُ – دخلْناَ - دخلْنَ)
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment