Friday 10 May 2013

Tujuan dan Fungsi Evaluasi Pembelajaran

TUJUAN DAN FUNGSI EVALUASI PEMBELAJARAN MAKALAH Disusun guna memenuhi tugas Mata Kuliah: Evaluasi Pembelajaran Dosen pengampu: Dra. Miswari, M.Ag Disusun oleh: Ainul Musthofiyah (103211005) Ari Susanto (103211006) Nur Indah Wardani (103211039) FAKULTAS TARBIYAH INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI WALISONGO SEMARANG 2012 TUJUAN DAN FUNGSI EVALUASI PEMBELAJARAN I. PENDAHULUAN Salah satu komponen yang harus dikuasai oleh guru adalah Evaluasi pembelajaran. Kompetensi ini sejalan dengan tugas dan tanggung jawab guru dalam pembelajaran yaitu mengevaluasi pembelajaran. Kompetensi tersebut sejalan pula dengan instrumen penilaian kemampuan guru, yang salah satu indikatornya adalah melakukan evaluasi pembelajaran, agar mengetahui kekurangan-kekurangan dalam pembelajaran tersebut, sehingga mampu memperbaikinya. Pada minggu lalu kita telah mempelajari tentang pengertian evaluasi, penilaian, dan pengukuran, dan pada kesempatan kali ini kita akan mempelajari tentang tujuan dan fungsi evaluasi pembelajan. Semoga bermanfaat. II. RUMUSAN MASALAH A. Apa pengertian evaluasi? B. Apa pengertian pembelajaran? C. Apa tujuan dan fungsi evaluasi pembelajaran? III. PEMBAHASAN A. Pengertian Evaluasi Pada minggu lalu, telah dibahas tentang pengertian evaluasi, penilaian, dan pengukuran. Dan pada kesempatan kali ini kita ulas kembali tentang evaluasi tersebut. Secara harfiyah, kata evaluasi berasal dari bahasa Inggris evaluation, dalam bahasa arab al-taqdir, dalam bahasa indonesia berarti penilaian. Akar katanya adalah value, dalam bahasa arab, al-qimah, dan dalam bahasa indonesia berarti nilai. Evaluasi dalam arti luas adalah prosesmerencanakan, memperoleh, dan menyediakan informasi yang sangat diperlukan untuk membuat alternatuf-alternatif keputusan. Evaluasi adalah suatu proses yang sistematis dan berkelanjutan untuk menentukan kualitas (nilai dalam arti) dari sesuatu, berdasarkan pertimbangan dan kriteria tertentu dalam rangka pembuatan keputusan. Evaluasi merupakan suatu proses, bukan suatu hasil (produk). Hasil yang diperoleh dari kegiatan evaluasi adalah kualitas sesuatu, baik yang menyangkut tentang nilai atau arti, sedangkan kegiatan untuk sampai pada pemberian nilai dan arti itu adalah evaluasi. Evaluasi merupakan kegiatan pengumpulan data untuk mengukur sejauh mana tujuan telah tercapai. Oleh karena itu, dalam menyusun evaluasi hendaknya memperhatikan secara seksama rumusan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan dan harus dapat mengukur sejauh mana proses pembelajaran telah dilaksanakan. B. Pengertian pembelajaran Kata dasar dari pembelajaran adalah belajar. Sedangkan pengertian belajar adalah suatu usaha sadar yang dilakukan oleh individu dalam perubahan tingkah laku, baik melalui latihan dan pengalaman yang menyangkut aspek kognitif, afektif dan psikomotorik untuk memperoleh tujuan tertentu. Dan pengertian dari pembelajaran adalah suatu proses atau kegiatan yang sistematis yang bersifat interaktif komunikatif antara pendidik (guru) dengan peserta didik (siswa), sumber belajar dan lingkungan untuk menciptakan situasi yang konduktif untuk belajar. Jadi pengertian dari evaluasi pembelajaran adalah penilaian kegiatan dan kemajuan belajar siswa yang dilakukan secara berkala, yang berbentuk ujian, tugas, dan atau pengamatan oleh guru. Buntuk ujian tersebut meliputi: ujian tengah semester, ujian akhir semester, dan ujian akhir. C. Tujuan dan fungsi Evaluasi pembelajaran Jika ingin melakukan kegiatan evaluasi, guru harus mengetahui dan memehami terlebih dahulu tentang tujuan dan fungsi dari evaluasi itu sendiri. Tujuan evaluasi ada yang bersifat umum dan ada pula yang bersifat khusus. Tujuan umum evaluasi adalah untuk melihat sejauh mana suatu program atau kegiatan tertentu dapat mencapai tujuan yang ditentukan, dan tujuan umum tersebut harus diperinci sehingga menjadi tujuan khusus , agar dapat menuntun guru dalam mengambangkan instrument evaluasi lainnya. Ada 2 cara yang dapat ditempuh guru untuk merumuskan tujuan evaluasi yang bersifat khusus. Pertama, melakukan perincian ruang lingkup evaluasi. Kedua, melakukan perincian proses mental yang akan dievaluasi. Tujuan evaluasi pembelajaran adalah untuk mengetahui keefektifan dan keefisienan sistem pembelajaran, baik yang menyangkut tentang tujuan, materi, metode, media, sumber belajar, maupun sistem penilaian itu sendiri. Sebagai bagian dari proses pembelajaran, proses evaluasi pembelajaran harus dilaksanakan sesuai dengan prinsip-prinsip evaluasi, juga harus mempehatikan kesesuaiannya dengan komponen-komponen kegiatan pembelajaran lainnya. Ketidak tepatan dalam kegiatan evaluasi, tidak hanya menyebabkan rendahnya keakuratan dalam menentukan kompetensi dan performance belajar siswa. Tujuan Evaluasi Pembelajaran: 1. Menentukan kemajuan atau hasil belajar pada siswa, yang berfungsi sebagai: a. Laporan kepada orang tua / walisiswa b. Penentuan kenaikan kelas c. Penentuan kelulusan siswa 2. Penempatan siswa kedalam situasi belajar mengajar yang tepatan serasi dengan tingkat kemampuan, minat dan berbagai karac, teristik yang dimiliki. 3. Mengenal latar belakang siswa baik psikologis, fisik dan lingkungan, yang berguna baik bagi penempatan dan penentuan sebab-sebab kesulitan belajar begi siswa, yakni sebagai masukan bagi tugas bimbingan dan penyuluhan. 4. Sebagai umpan balik pada guru yang pada gilirannya dapat digunakan untuk memperbaiki proses belajar mengajar dan program remidial bagi siswa. 5. Mendeskripsikan kemampuan belajar siswa. 6. Mengetahui tingkat keberhasilan PBM. 7. Menentukan tindak lanjut hasil penilaian. 8. Memberikan pertanggung jawaban (accountability) Fungsi evaluasi memang cukup luas, tergantung dari sudut mana kita melihatnya. Bila kita lihat secara menyeluruh, fungsi evaluasi adalah sebagai berikut: 1) Secara psikologis, peserta didik butuh untuk mengetahui sejauh mana kegiatan yang telah dilakukan sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai. 2) Secara sosiologis, evaluasi berfungsi untuk mengetahui apakah peserta didik sudah cukup mampu untuk terjun kemasyakat. 3) Secara Diktatis-metodis, evaluasi berfungsi untuk membantu guru dalam menempatkan peserta didik pada kelompok tertentu, sesuai kemampuan dan kecakapan masing-masing. 4) Evaluasi berfungsi untuk mengetahui taraf kesiapan peserta didik untuk menempuh program pendidikannya. 5) Secara Administratif, evaluasi berfungsi sebagai untuk memberikan laporan tentang kemajuan peserta didik kepada orang tua, pejabat pemerintah yang berwenang, kepala sekolah, guru-guru, dan peserta didik itu sendiri. Hasil evaluasi dapat memberikan gambaran secara umum tentang semua hasil usaha yang dilakukan oleh institusi pendidikan. IV. KESIMPULAN 1. Evaluasi adalah suatu proses yang sistematis dan berkelanjutan untuk menentukan kualitas (nilai dan arti) dari sesuatu berdasarkan pertimbangan dan kriteria tertentu dalam rangka pembuatan keputusan. 2. Pembelajaran adalah suatu proses atau kegiatan yang sistematis yang bersifat interaktif dan komunikatif antara pendidik (guru) dengan peserta didik (siswa), sumber belajar dan lingkungan untuk menciptakan situasi yang konduktif untuk belajar. 3. Tujuan evaluasi pembelajaran adalah untuk mengetahui keefektifan dan keefisienan sistem pembelajaran, baik yang menyangkut tentang tujuan, materi, metode, media, sumber belajar, maupun sistem penilaian itu sendiri. V. PENUTUP Demikianlah makalah yang dapat pemakalah susun. Dengan penuh kesadaran, pemakalah menyadari akan keterbatasan kemampuan makalah dalam memahami dan menyusun kembali refrensi-refrensi yang ada. Oleh karena itu, pemakalah memohon dengan sangat masukan kritik dan saran yang konstruktif dari para pembaca untuk perbaikan karya ilmiah pemakalah yang akan datang. Terakhir, tidak ada kata yang patut disampaikan dalam purna karya ini selain kata maaf atas segala kekeliruan, kesalahan dan kekurangan yang tercantum dalam makalah ini. Dan semoga makalah basithoh ini bisa mengantarkan para pembaca pada pemahaman materi tujuan dan fungsi evaluasi pembelajaran sehingga menjadi bermanfaat. DAFTAR PUSTAKA Arifin, Zaenal. Evaluasi Pembelajaran, Bandung: PT Remaja Rosyda Karya, 2011. Purwanto, Ngalim. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran, Bandung: PT Remaja Rosyda Karya, 2002. Rahman, Aunur Belajar dan Pembelajaran, Bandung: Alfabeta, 2009.

1 comment:

  1. Assalamuaikum, saya izin copas ya untuk melengkapi isi skripsi saya terimakasih

    ReplyDelete