Tuesday 14 May 2013

Contoh telaah kurikulum


Standar Kompetensi               : 4. Menulis/Kitabah
                                             Mengungkapkan pikiran, gagasan,  perasaan, pengalaman dan  informasi baik fiksi dan atau non fiksi melalui kegiatan menulis tentangمدرستى .

KOMPETENSI DASAR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
4.1  Menulis dan melengkapi huruf hijaiyah, kata, frasa, dan kalimat tentang “مدرستى” dengan tanda baca yang tepat
مدرستى
·  Benda-benda Madrasah, meliputi: kelas, perpustakaan, kantin, ruang tata tertib siswa, halaman Madrasah, ruang UKS dll.( bisa ditambahkan: isim mufrod dan jamak taksir)
·  Kata-kata sifat
·  Jenis-jenis warna
·  Kalimat berstruktur:
-  mubtada' dan khabar (kata sifat)
-  mubtada' dan khabar (jenis warna)
-  mubtada' dan khabar (keterangan tempat/adawatul jar)
·  Isim isyarah
·  Adawatul jar
·         Membedakan mufradat jenis mudzakkar dan muannats
·         membuat kalimat-kalimat sederhana
·         Menggunakan mufradat yang tepat dan benar dalam berbagai kalimat
·         Menyalin/menulis kosakata/kalimat-kalimat sederhana sesuai contoh dengan tepat dan benar (khat / imla' manqul)   
·         Menyusun huruf-huruf  menjadi kata-kata dengan benar
·         Menyusun  kata-kata menjadi kalimat sempurna 
·         Menyusun kalimat-kalimat menjadi paragraf

Tes unjuk kerja
Tugas terstruktur
10 x 40’


§ Keadaan Madrasah masing-masing
§ Buku Teks
§ Lembar Kerja Siswa
§ Bukupanduan, media  gambar jenis profesi
§ Media gambar warna-warni 
4.2  Mengung-kapkan in-formasi/ gagasan secara tertulis dalam kalimat sederhana tentang “مدرستى  dengan  menggunakan kata sapaan (إلقاء التحيات), kata ganti tunggal  للمفرداسم الضمير), kata tunjuk (اسم الإشارة)   dan kata depan   (أدوات الجر) dan kata sifat (النعت) termasuk warna
هذه مدرستى, هي جميلة وهي واسعة أيضا
وهناك مكتبة. الموظف هناك نشيط أيضا
هي صديقتى. إسمها سلسبيلا. هي ماهرة
هذا مقصف, هذا المقصف جميل, ولون الجدار أصفر
هذه مدرستى وهي جميلة و وهناك مكتبة هي جميلة أيضا
·         Mengamati dan menulis keadaan Madrasah masing-masing
·         Menulis karangan sesuai dengan tema keadaan lingkungan Madrasah dengan menyebutkan ciri-ciri/sifat-sifatnya secara terstruktur/terbimbing
·         Mengidentifikasi kata-kata sifat, jenis-jenis warna,  bentuk jamak dan mufrad, mudzakkar mu'annats  dengan tepat dan benar dll
Portofolio



TELA’AH KURIKULUM
MAHAROH AL-KITABAH (KETRAMPILAN MENULIS) KELAS VII SEMESTER 1
A.    PENDAHULUAN
Ketrampilan menulis (maharoh al- kitabah/writing skill) adalah kemampuan dalam mendeskripsikan isi pikiran, mulai dari aspek yang sederhana seperti menulis kata-kata sampai kepada aspek yang kompleks yaitu mengarang. Kementrian Agama melalui permenag 2008 yang telah disepakati bersama oleh Kemenag Direktorat Pendidikan Madrasah telah mengatur standar isi untuk mata pelajaran bahasa Arab melalui silabus  yang mencakup Standar Kompetensi (SK), Kompetensi Dasar (KD), materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar yang harus dipersiapkan dan diaplikasikan di madarasah-madrasah. Berikut adalah hasil tela’ah kurikulum yang telah dilakukan oleh pemakalah untuk kelas VII smester 1 dalam maharoh al-kitabah.

B.     PEMBAHASAN
1.      Materi Pembelajaran
Materi pembelajaran untuk Kompetensi Dasar yang pertama dan kedua sudah kompleks dan sesuai kebutuhan siswa, termasuk mencakup pengenalan struktur-struktur kalimat sehingga indikator-indikator bisa tercapai.
2.      Kegiatan Pembelajaran
Dalam Kompetensi Dasar yang pertama untuk kegiatan pembelajaran kedua ditambahkan  kata baik dan benar sesuai struktur .Sedangkan dalam Kompetensi Dasar yang kedua tidak tepat, pemakalah menawarkan kegiatan pembelajaran yaitu:
a.       Guru menyuruh siswa untuk menuliskan mufrodat dan dengan baik dan benar
b.      Guru menyuruh siswa untuk menuliskan kata-kata berupa kata sifat, bentuk warna, bentuk jamak atau mufrod serta mudakar atau muannats.
c.       Guru menyuruh siswa untuk menulis karangan sasuai
3.      Indikator
Untuk Kompetensi Dasar yang pertama indikator sudah sesuai karena menggunakan imla’ manqul yang cocok untuk pemula, sedangkan untuk Standar Kompetensi Dasar yang kedua indikator kurang sesuai, meliputi:
a.       Untuk indikator yang kedua menggunakan kata mengidentifikasi, sebaiknya diganti menyebutkan secara tertulis/menuliskan, dan biasanya kata mengidentifikasi digunakan untuk Kompetensi Dasar
b.      Pemakalah menawarkan tambahan indikator yaitu menyebutkan mufrodat secara tertulis tentang المدرسة
4.      Penilaian
Untuk Kompetensi Dasar yang pertama penilaian sudah sesuai menggunakan tes unjuk kerja atau test tertulis  dan test struktur karena indikator menitik beratkan pada ketrampilan menulis dan struktur kalimat. Sedangkan Kompetensi Dasar yang kedua penilaian juga menggunakan test tertulis.
5.      Alokasi Waktu
Alokasi waktu terlalu banyak, sehingga tidak efektif karena dalam silabus tersebut  mencantumkan alokasi waktu 10x40 menit. Sedangkan satu tema dalam Prota dialokasikan 17 jam pelajaran, untuk 4 maharoh meliputi 10 Kompetensi Dasar. Menurut pemakalah, alokasi waktu yang efektif  adalah 2x40 menit.
6.      Sumber Belajar
Sumber belajar yang tercantum dalam silabus sudah sesuai, akan tetapi untuk media gambar jenis profesi diganti dengan gambar benda-benda yang ada di madarasah, karena pada kelas satu ini tidak membahas tema profesi.

C.    PENUTUP
            Demikianlah analisis tela’ah kurikulum bahasa arab kelas VII smester 1 dalam maharoh al-kitabah yang dapat pemakalah sajikan, tela’ah ini hanya bertujuan untuk mendapatkan informasi lebih dalam dan sebagai sarana belajar mengkritisi silabus yang sudah ada agar lebih baik dan berkembang di masa depan. Semoga tela’ah kurikulum ini bermanfaat dan pemakalah memohon maaf atas kesalahan dan kekeliruan yang ada.




No comments:

Post a Comment