Standar Kompetensi
: 4. Menulis/Kitabah
Mengungkapkan pikiran,
gagasan, perasaan, pengalaman dan informasi baik fiksi dan atau non fiksi
melalui kegiatan menulis tentangمدرستى .
KOMPETENSI
DASAR
|
MATERI
PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
SUMBER
BELAJAR
|
4.1 Menulis dan melengkapi huruf
hijaiyah, kata, frasa, dan kalimat tentang “مدرستى” dengan tanda baca yang tepat
|
مدرستى
·
Benda-benda Madrasah, meliputi: kelas, perpustakaan,
kantin, ruang tata tertib siswa, halaman Madrasah, ruang UKS dll.( bisa
ditambahkan: isim mufrod dan jamak taksir)
· Kata-kata sifat
· Jenis-jenis warna
· Kalimat berstruktur:
- mubtada' dan
khabar (kata sifat)
- mubtada' dan
khabar (jenis warna)
- mubtada' dan
khabar (keterangan tempat/adawatul jar)
· Isim isyarah
· Adawatul jar
|
·
Membedakan mufradat jenis mudzakkar dan muannats
·
membuat kalimat-kalimat sederhana
·
Menggunakan mufradat yang tepat dan benar dalam
berbagai kalimat
|
·
Menyalin/menulis kosakata/kalimat-kalimat sederhana sesuai contoh dengan
tepat dan benar (khat / imla' manqul)
·
Menyusun huruf-huruf
menjadi kata-kata dengan benar
·
Menyusun
kata-kata menjadi kalimat sempurna
·
Menyusun kalimat-kalimat menjadi paragraf
|
Tes unjuk kerja
Tugas terstruktur
|
10 x 40’
|
§
Keadaan Madrasah masing-masing
§
Buku Teks
§
Lembar Kerja Siswa
§
Bukupanduan, media
gambar jenis profesi
§
Media gambar warna-warni
|
4.2 Mengung-kapkan
in-formasi/ gagasan secara tertulis dalam kalimat sederhana tentang “مدرستى“
dengan menggunakan kata sapaan
(إلقاء التحيات),
kata ganti tunggal للمفرداسم الضمير), kata tunjuk (اسم الإشارة)
dan kata depan (أدوات الجر) dan kata sifat (النعت) termasuk warna
|
هذه مدرستى, هي جميلة وهي واسعة أيضا
وهناك مكتبة. الموظف هناك نشيط أيضا
هي صديقتى. إسمها سلسبيلا. هي ماهرة
هذا مقصف, هذا المقصف جميل, ولون الجدار أصفر
هذه مدرستى وهي جميلة و وهناك مكتبة هي جميلة أيضا
|
·
Mengamati dan menulis
keadaan Madrasah masing-masing
|
·
Menulis karangan sesuai
dengan tema keadaan lingkungan Madrasah dengan menyebutkan
ciri-ciri/sifat-sifatnya secara terstruktur/terbimbing
·
Mengidentifikasi kata-kata sifat, jenis-jenis
warna, bentuk jamak dan mufrad,
mudzakkar mu'annats dengan tepat dan
benar dll
|
Portofolio
|
|
TELA’AH
KURIKULUM
MAHAROH AL-KITABAH
(KETRAMPILAN MENULIS) KELAS VII SEMESTER 1
A.
PENDAHULUAN
Ketrampilan menulis (maharoh al-
kitabah/writing skill) adalah kemampuan dalam mendeskripsikan isi pikiran,
mulai dari aspek yang sederhana seperti menulis kata-kata sampai kepada aspek
yang kompleks yaitu mengarang. Kementrian Agama melalui permenag 2008 yang
telah disepakati bersama oleh Kemenag Direktorat Pendidikan Madrasah telah
mengatur standar isi untuk mata pelajaran bahasa Arab melalui silabus yang mencakup Standar Kompetensi (SK),
Kompetensi Dasar (KD), materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator,
penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar yang harus dipersiapkan dan
diaplikasikan di madarasah-madrasah. Berikut adalah hasil tela’ah kurikulum
yang telah dilakukan oleh pemakalah untuk kelas VII smester 1 dalam maharoh
al-kitabah.
B.
PEMBAHASAN
1.
Materi
Pembelajaran
Materi pembelajaran untuk Kompetensi Dasar yang
pertama dan kedua sudah kompleks dan sesuai kebutuhan siswa, termasuk mencakup
pengenalan struktur-struktur kalimat sehingga indikator-indikator bisa
tercapai.
2.
Kegiatan
Pembelajaran
Dalam Kompetensi Dasar yang pertama untuk
kegiatan pembelajaran kedua ditambahkan
kata baik dan benar sesuai struktur .Sedangkan dalam Kompetensi Dasar
yang kedua tidak tepat, pemakalah menawarkan kegiatan pembelajaran yaitu:
a.
Guru
menyuruh siswa untuk menuliskan mufrodat dan dengan baik dan benar
b.
Guru
menyuruh siswa untuk menuliskan kata-kata berupa kata sifat, bentuk warna,
bentuk jamak atau mufrod serta mudakar atau muannats.
c.
Guru
menyuruh siswa untuk menulis karangan sasuai
3.
Indikator
Untuk Kompetensi Dasar yang pertama indikator sudah
sesuai karena menggunakan imla’ manqul yang cocok untuk pemula, sedangkan untuk
Standar Kompetensi Dasar yang kedua indikator kurang sesuai, meliputi:
a.
Untuk
indikator yang kedua menggunakan kata mengidentifikasi, sebaiknya diganti
menyebutkan secara tertulis/menuliskan, dan biasanya kata mengidentifikasi
digunakan untuk Kompetensi Dasar
b.
Pemakalah
menawarkan tambahan indikator yaitu menyebutkan mufrodat secara tertulis
tentang المدرسة
4.
Penilaian
Untuk Kompetensi Dasar yang pertama penilaian
sudah sesuai menggunakan tes unjuk kerja atau test tertulis dan test struktur karena indikator menitik
beratkan pada ketrampilan menulis dan struktur kalimat. Sedangkan Kompetensi
Dasar yang kedua penilaian juga menggunakan test tertulis.
5.
Alokasi
Waktu
Alokasi
waktu terlalu banyak, sehingga tidak efektif karena dalam silabus tersebut mencantumkan alokasi waktu 10x40 menit.
Sedangkan satu tema dalam Prota dialokasikan 17 jam pelajaran, untuk 4 maharoh
meliputi 10 Kompetensi Dasar. Menurut pemakalah, alokasi waktu yang
efektif adalah 2x40 menit.
6.
Sumber
Belajar
Sumber belajar yang tercantum dalam silabus
sudah sesuai, akan tetapi untuk media gambar jenis profesi diganti dengan
gambar benda-benda yang ada di madarasah, karena pada kelas satu ini tidak membahas
tema profesi.
C.
PENUTUP
Demikianlah
analisis tela’ah kurikulum bahasa arab kelas VII smester 1 dalam maharoh
al-kitabah yang dapat pemakalah sajikan, tela’ah ini hanya bertujuan untuk
mendapatkan informasi lebih dalam dan sebagai sarana belajar mengkritisi
silabus yang sudah ada agar lebih baik dan berkembang di masa depan. Semoga
tela’ah kurikulum ini bermanfaat dan pemakalah memohon maaf atas kesalahan dan
kekeliruan yang ada.
No comments:
Post a Comment